Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilejit

Stasiun Cilejit (CJT) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di perbatasan antara Desa Batok, Tenjo, Bogor dengan Desa Sukamanah, Jambe, Tangerang. Meskipun dinamakan Stasiun Cilejit, lokasi stasiun ini sebenarnya tidak berada di Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parung Panjang, tetapi terletak di sebelah barat dari desa tersebut. Stasiun ini, yang berada pada ketinggian 53 meter, khusus melayani rute KRL Commuter Line.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilejit Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilejit

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cikampek Terbaru

Sejarah Stasiun Cilejit

Awal Pendirian

Stasiun Cilejit merupakan salah satu stasiun di jalur kereta api Merak–Tanah Abang yang melintasi Kabupaten Bogor, selain Stasiun Parungpanjang dan Stasiun Tenjo. Pada awal pendiriannya, stasiun ini hanya memiliki satu jalur kereta api sejak tahun 1906 hingga 1990. Bangunan asli yang dibangun oleh Staatsspoorwegen masih digunakan hingga saat ini.

Pengembangan Jalur

Pada tahun 1990-an, stasiun ini menambah jumlah jalur menjadi dua untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi operasional. Perkembangan besar terjadi pada tahun 2012, ketika jalur ganda dan perpanjangan jaringan jalur KRL diuji coba. Sejak itu, tata letak stasiun diubah dengan menambah dua peron sisi yang tinggi dan mengubah jalur 2 eksisting menjadi sepur lurus menuju Rangkasbitung.

Peresmian KRL Commuter Line

Pada tanggal 17 April 2013, Stasiun Cilejit mulai melayani KRL Commuter Line AC dengan tujuan Stasiun Tanah Abang. Layanan ini mempermudah akses transportasi bagi masyarakat sekitar yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta.

Tata Letak Bangunan Stasiun Cilejit

Tata Letak Bangunan Stasiun Cilejit

Stasiun Cilejit memiliki dua jalur kereta api yang berfungsi sebagai jalur ganda. Dengan peningkatan infrastruktur, stasiun ini memiliki dua peron sisi yang tinggi untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari kereta.

Fasilitas Stasiun

  • Peron Tinggi: Memudahkan penumpang untuk naik turun kereta dengan lebih nyaman.
  • Loket Tiket: Loket tiket yang memadai untuk pembelian tiket secara langsung.
  • Ruang Tunggu: Ruang tunggu yang cukup luas dan nyaman untuk menampung penumpang.
  • Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat untuk kenyamanan penumpang.

Layanan Kereta Api

Rute KRL Commuter Line

Stasiun Cilejit hanya melayani satu rute KRL Commuter Line, yaitu rute Tanah Abang–Tigaraksa–Rangkasbitung. Berikut adalah detail layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini:

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cicayur

Commuter Line Rangkasbitung

  • Relasi Perjalanan: Tanah Abang – Rangkasbitung
  • Keterangan: Rute ini melayani perjalanan penumpang dari Tanah Abang hingga Rangkasbitung, dengan berbagai pemberhentian di stasiun-stasiun antara.

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan Paling Pagi Dan Malam Di 2024

Berikut adalah jadwal keberangkatan dan kedatangan KRL di Stasiun Cilejit:

Keberangkatan dari Cilejit ke Tanah Abang

  • Keberangkatan pertama: pukul 04:30 pagi
  • Keberangkatan terakhir: pukul 22:00 malam

Kedatangan dari Tanah Abang ke Cilejit

  • Kedatangan pertama: pukul 05:00 pagi
  • Kedatangan terakhir: pukul 23:00 malam

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung

Stasiun Cilejit juga didukung oleh berbagai moda transportasi umum yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan akhir. Beberapa moda transportasi yang tersedia di sekitar stasiun ini antara lain:

  • Angkutan Kota (Angkot): Angkutan kota yang menghubungkan Stasiun Cilejit dengan berbagai wilayah di Tangerang dan Bogor.
  • Bus: Layanan bus yang menghubungkan stasiun dengan terminal bus terdekat, memberikan akses transportasi yang lebih luas bagi penumpang.

Rencana Pengembangan Stasiun Cilejit

Ke depan, terdapat rencana untuk terus mengembangkan fasilitas dan layanan di Stasiun Cilejit agar dapat menampung jumlah penumpang yang semakin meningkat dan memberikan kenyamanan yang lebih baik. Beberapa pengembangan yang direncanakan antara lain:

  • Penambahan Jalur dan Peron: Untuk meningkatkan kapasitas dan kenyamanan penumpang.
  • Pengembangan Fasilitas Pendukung: Seperti area parkir yang lebih luas, fasilitas komersial seperti kios dan minimarket, serta ruang tunggu yang lebih nyaman.
  • Integrasi dengan Moda Transportasi Lain: Untuk memudahkan penumpang dalam melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan di sekitar Tangerang dan Bogor.

Kesimpulan

Stasiun Cilejit adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Tangerang dan Bogor. Meskipun berstatus sebagai stasiun kelas III/kecil, stasiun ini menyediakan layanan yang nyaman dan efisien bagi penumpang yang bepergian menuju dan dari Jakarta. Dengan bangunan yang modern dan fasilitas yang memadai, Stasiun Cilejit terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan transportasi penumpang sehari-hari. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Tangerang dan Bogor. Memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta secara rutin akan membantu penumpang merencanakan perjalanan dengan lebih baik.