Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibitung

Stasiun Cibitung (CIT) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Wanasari, Cibitung, Bekasi. Stasiun yang berada pada ketinggian 19 meter ini khusus melayani rute KRL Commuter Line. Terletak agak jauh dari jalan raya Bekasi-Kabupaten Karawang, stasiun ini pernah dinonaktifkan pada tahun 2011. Dahulu, stasiun ini berukuran kecil, hanya seluas 1,5 x 1,5 meter, sehingga hanya berfungsi sebagai loket dengan peron yang rendah dan pendek. Namun, bangunan stasiun ini kemudian diperbesar untuk menyongsong perpanjangan rute KRL menuju Cikarang. Meskipun demikian, Stasiun Cibitung cukup ramai karena lokasinya yang dekat dengan kompleks-kompleks perumahan.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibitung Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibitung

BACA JUGA :  Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jakarta Kota Hari Ini

Sejarah Stasiun Cibitung

Awal Berdiri

Sebelum berdirinya Stasiun Cibitung, terdapat sebuah pos sinyal kereta api di lokasi tersebut. Stasiun ini dibangun atas swadaya masyarakat pada tahun 1990-an, terutama dari warga Perumahan Pondok Tanah Mas yang membutuhkan pemberhentian dan keberangkatan kereta api. Sebagian besar warga Pondok Tanah Mas bekerja di wilayah Jakarta, sehingga keberadaan stasiun ini sangat dibutuhkan. Seiring dengan meningkatnya minat warga Pondok Tanah Mas dan Wanasari terhadap sarana transportasi kereta api, Stasiun Cibitung akhirnya dibangun dan semakin dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, termasuk dari perumahan-perumahan lain di sekitarnya.

Penutupan dan Pembukaan Kembali

Pada tahun 2011, dengan berlakunya Gapeka 2011, seluruh kereta lokal baik dari arah barat maupun timur tidak ada yang berhenti di stasiun ini. Akibatnya, bangunan lama stasiun hanya menyisakan papan nama dan bekas bangunan loket. Namun, pada tahun 2015, stasiun ini mulai dibangun kembali dan akhirnya diresmikan kembali pada 8 Oktober 2017 dengan bangunan baru yang melayani rute KRL Commuter Line relasi Jakarta Kota-Cikarang.

Tata Letak Bangunan dan Fasilitas Stasiun Cibitung

Tata Letak Bangunan dan Fasilitas Stasiun Cibitung

Stasiun Cibitung memiliki dua jalur kereta api dengan bangunan baru yang hanya memiliki satu peron di tengah kedua jalur rel. Desain stasiun ini mirip dengan Stasiun Bekasi Timur. Bangunan baru stasiun ini didesain untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang KRL Commuter Line.

Fasilitas Stasiun

  • Peron Tinggi: Peron tinggi di tengah kedua jalur rel memudahkan penumpang untuk naik turun kereta.
  • Loket Tiket dan Mesin Tiket Otomatis: Memudahkan penumpang dalam membeli tiket.
  • Ruang Tunggu: Ruang tunggu yang nyaman dan memadai untuk menampung jumlah penumpang yang terus meningkat.
  • Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat.
  • Mushola: Tempat ibadah yang terletak di dalam area stasiun.
  • Area Parkir: Area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan penumpang.
BACA JUGA :  Jadwal Kereta Tanah Abang ( Stasiun Tanahabang ) Terbaru

Layanan Kereta Api

Rute KRL Commuter Line

Stasiun Cibitung melayani beberapa rute KRL Commuter Line sebagai berikut:

Commuter Line Cikarang (half racket)

  • Relasi Perjalanan: Angke – Cikarang
  • Keterangan: Melalui Manggarai dan Jakarta Kota (via Pasar Senen hanya pada jadwal malam dan dini hari)

Commuter Line Cikarang (full racket)

  • Relasi Perjalanan: Kampung Bandan – Cikarang
  • Keterangan: Perjalanan searah jarum jam melalui Pasar Senen dan berlawanan arah jarum jam melalui Manggarai

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan Paling Pagi dan Malam Di 2024

Berikut adalah jadwal keberangkatan dan kedatangan KRL di Stasiun Cibitung:

Keberangkatan dari Cibitung ke Jakarta Kota

  • Keberangkatan pertama: pukul 04:30 pagi
  • Keberangkatan terakhir: pukul 22:00 malam

Kedatangan dari Jakarta Kota ke Cibitung

  • Kedatangan pertama: pukul 05:00 pagi
  • Kedatangan terakhir: pukul 23:00 malam

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung

Stasiun Cibitung juga didukung oleh berbagai moda transportasi umum yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka. Beberapa moda transportasi yang tersedia di sekitar stasiun ini antara lain:

  • Angkutan Kota (Angkot): Angkutan kota yang menghubungkan Stasiun Cibitung dengan berbagai wilayah di Bekasi dan sekitarnya.
  • Bus: Layanan bus yang menghubungkan stasiun dengan terminal bus terdekat, memberikan akses transportasi yang lebih luas bagi penumpang.

Rencana Pengembangan Stasiun Cibitung

Ke depan, ada rencana untuk terus mengembangkan fasilitas dan layanan di Stasiun Cibitung agar dapat menampung jumlah penumpang yang semakin meningkat dan memberikan kenyamanan yang lebih baik. Beberapa pengembangan yang direncanakan antara lain:

  • Penambahan Jalur dan Peron: Untuk meningkatkan kapasitas dan kenyamanan penumpang.
  • Pengembangan Fasilitas Pendukung: Seperti area parkir yang lebih luas, fasilitas komersial seperti kios dan minimarket, serta ruang tunggu yang lebih nyaman.
  • Integrasi dengan Moda Transportasi Lain: Untuk memudahkan penumpang dalam melanjutkan perjalanan mereka.
BACA JUGA :  Jadwal KRL Commuterline Dari Stasiun Tanah Abang Hari Ini Terbaru

Kesimpulan

Stasiun Cibitung adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Bekasi. Meskipun berstatus sebagai stasiun kelas III/kecil, stasiun ini menyediakan layanan yang nyaman dan efisien bagi penumpang yang bepergian menuju dan dari Jakarta. Dengan bangunan yang modern dan fasilitas yang memadai, Stasiun Cibitung terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan transportasi penumpang sehari-hari. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Bekasi dan Jakarta. Memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta secara rutin akan membantu penumpang merencanakan perjalanan dengan lebih baik.