Info Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Bekasi Timur

Stasiun Bekasi Timur (BKST), yang juga dikenal dengan nama Stasiun Ampera atau Stasiun Bulak Kapal, adalah sebuah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Duren Jaya, Bekasi Timur, Bekasi. Stasiun ini terletak pada ketinggian 19 meter dan hanya melayani rute KRL Commuter Line.

Pendirian stasiun ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Bekasi Lama, yang telah melebihi kapasitas hampir 190% pada jam-jam sibuk di pagi dan sore hari saat penumpang berangkat dan pulang kerja. Oleh karena itu, Stasiun Bekasi Timur dibangun untuk membantu mengurai kepadatan penumpang di stasiun tersebut.

Stasiun Bekasi Timur diresmikan pada tanggal 7 Oktober 2017 oleh Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi, bersamaan dengan peresmian KRL Blue Line tujuan Stasiun Cikarang.

Layanan Kereta Api di Stasiun Bekasi Timur

Tatal Letak Peron dan Jalur Kereta Api di Stasiun Bekasi Timur

Stasiun Bekasi Timur melayani rute KRL Commuter Line dengan berbagai relasi sebagai berikut:

Commuter Line Cikarang (Half Racket)

  • Relasi: Angke – Cikarang – Tambun (sebagian jadwal pagi dan siang hari)
  • Via Manggarai: Rute ini melayani penumpang dengan perjalanan melalui Manggarai.
  • Via Pasar Senen: Rute ini melayani penumpang dengan perjalanan melalui Pasar Senen pada malam hari dan jadwal terakhir dini hari ke arah Jakarta Kota serta jadwal pagi subuh ke arah Cikarang.
  • Rute ini juga melayani perjalanan dari Jakarta Kota pada malam hari dan jadwal terakhir dini hari dari Cikarang.

Commuter Line Cikarang (Full Racket)

  • Relasi: Cikarang – Kampung Bandan
  • Perjalanan searah jarum jam melalui Pasar Senen.
  • Perjalanan berlawanan arah jarum jam melalui Manggarai.

Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Bekasi Timur Di 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bekasi Timur

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Surabaya Pasarturi Terbaru

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung di Stasiun Bekasi Timur

Stasiun Bekasi Timur juga didukung oleh berbagai layanan angkutan umum yang memudahkan mobilitas penumpang menuju dan dari stasiun. Berikut adalah daftar angkutan umum yang tersedia:

Transjakarta

  • B21 (Non BRT): Terminal Bekasi – Stasiun LRT Cawang
  • Layanan ini membantu penumpang untuk mencapai Stasiun LRT Cawang dari Terminal Bekasi dengan mudah.

Transjabodetabek Reguler

  • BkJ1A: Terminal Bekasi – Terminal Blok M (via Ir. H. Juanda – H. Mulyadi Joyomartono – Tol Jakarta-Cikampek)
  • BkJ3: Terminal Bekasi – Stasiun Tanah Abang
  • BkJ7: Terminal Bekasi – Terminal Pasar Senen
  • BkJ10: Terminal Bekasi – Terminal Kampung Rambutan (via Ir. H. Juanda – H. Mulyadi Joyomartono – Tol Jakarta-Cikampek)

Layanan Transjabodetabek Reguler ini memberikan berbagai pilihan rute bagi penumpang yang ingin mencapai berbagai tujuan di Jakarta dan sekitarnya, dengan titik awal dari Terminal Bekasi.

Sejarah dan Perkembangan Stasiun Bekasi Timur

Stasiun Bekasi Timur dibangun sebagai tanggapan atas meningkatnya jumlah penumpang di Stasiun Bekasi Lama. Dengan kapasitas yang hampir dua kali lipat dari kapasitas maksimum, Stasiun Bekasi Lama tidak lagi mampu menampung volume penumpang yang meningkat pada jam-jam sibuk. Untuk itu, Stasiun Bekasi Timur didirikan untuk mengalihkan sebagian besar penumpang dari Stasiun Bekasi Lama dan mengurangi kepadatan.

Sejak diresmikan pada 7 Oktober 2017, Stasiun Bekasi Timur telah melayani ribuan penumpang setiap harinya. Pengoperasian stasiun ini telah memberikan dampak positif terhadap pengurangan kepadatan di Stasiun Bekasi Lama, serta memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpang yang sehari-hari menggunakan layanan KRL Commuter Line.

Fasilitas di Stasiun Bekasi Timur

Stasiun Bekasi Timur dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan dan keamanan penumpang. Beberapa fasilitas yang tersedia di stasiun ini antara lain:

  1. Area Parkir: Stasiun ini memiliki area parkir yang luas untuk kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor, yang memudahkan penumpang yang membawa kendaraan pribadi.
  2. Ruang Tunggu: Ruang tunggu di stasiun ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi penumpang yang menunggu keberangkatan kereta.
  3. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat juga tersedia untuk kenyamanan penumpang.
  4. Aksesibilitas: Stasiun ini dilengkapi dengan fasilitas aksesibilitas yang memudahkan penumpang dengan kebutuhan khusus, termasuk jalur khusus dan lift.
  5. Kantin dan Kios: Berbagai kios dan kantin tersedia di dalam stasiun, yang menyediakan makanan dan minuman bagi penumpang yang ingin mengisi perut sebelum atau sesudah perjalanan.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibitung

Pengaruh Stasiun Bekasi Timur terhadap Mobilitas di Kawasan Bekasi

Keberadaan Stasiun Bekasi Timur telah membawa dampak signifikan terhadap mobilitas masyarakat di kawasan Bekasi dan sekitarnya. Dengan adanya stasiun ini, masyarakat memiliki alternatif yang lebih nyaman dan efisien untuk melakukan perjalanan menuju Jakarta dan sekitarnya. Hal ini juga berdampak pada pengurangan kemacetan di jalan raya, karena lebih banyak orang yang beralih menggunakan transportasi umum.

Stasiun Bekasi Timur tidak hanya memudahkan perjalanan harian bagi pekerja yang berkomuter, tetapi juga bagi siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum yang melakukan perjalanan untuk berbagai keperluan. Selain itu, stasiun ini juga menjadi salah satu titik transit penting bagi penumpang yang melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi di Jakarta melalui jaringan KRL Commuter Line.

Masa Depan Stasiun Bekasi Timur

Dengan meningkatnya permintaan akan transportasi umum yang nyaman dan efisien, Stasiun Bekasi Timur diprediksi akan terus berkembang dan semakin berperan penting dalam jaringan transportasi di Jabodetabek. Rencana pengembangan infrastruktur dan peningkatan kapasitas stasiun diharapkan dapat terus dilakukan untuk mengakomodasi jumlah penumpang yang semakin meningkat.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan, diharapkan akan ada penambahan frekuensi perjalanan KRL dan peningkatan fasilitas di stasiun ini. Dengan demikian, Stasiun Bekasi Timur dapat terus berkontribusi dalam memudahkan mobilitas masyarakat dan mendukung pengurangan kemacetan di jalan raya.

Kesimpulan

Stasiun Bekasi Timur merupakan salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line yang melayani rute dari Bekasi ke Jakarta dan sekitarnya. Dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan dukungan dari layanan antarmoda, stasiun ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat Bekasi yang ingin melakukan perjalanan dengan nyaman dan efisien.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bekasi

Keberadaan Stasiun Bekasi Timur tidak hanya mengurangi kepadatan di Stasiun Bekasi Lama, tetapi juga memberikan solusi transportasi yang lebih baik bagi masyarakat. Dengan rencana pengembangan yang terus berjalan, stasiun ini diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadi salah satu stasiun terbaik di Jabodetabek.