Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cicayur

Stasiun Cicayur (CC) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Cisauk, Cisauk, Tangerang. Stasiun ini beroperasi pada ketinggian 47 meter di atas permukaan laut dan hanya melayani KRL Commuter Line. Nama stasiun ini diambil dari Kampung Cicayur, yang berada di perbatasan Kecamatan Cisauk dengan Kecamatan Pagedangan.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cicayur Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cicayur

BACA JUGA :  Stasiun Solo Balapan – Info Jadwal Kereta Api Solo Balapan

Sejarah dan Pembangunan Stasiun Cicayur

Stasiun Cicayur awalnya merupakan sebuah halte kecil yang hanya melayani kereta api lokal dan hanya memiliki satu jalur. Elektrifikasi terhadap jalur KRL segmen Serpong–Parungpanjang dilakukan pada tahun 2008–2009, menjadikan layanan KRL di stasiun ini lebih modern dan efisien.

Awalnya, bangunan stasiun ini sangat sederhana dan kecil. Namun, seiring dengan peningkatan jumlah penumpang dan demi alasan keamanan serta kenyamanan, bangunan stasiun ini, bersama dengan Stasiun Cikoya, diganti dengan bangunan baru yang lebih modern dan fungsional. Bangunan halte lama kemudian dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa dan dijadikan salah satu koleksi museum tersebut sejak tahun 2012.

Modernisasi dan Perubahan Tata Letak

Bangunan dan tata letak Stasiun Cicayur

Sejak jalur ganda segmen Serpong–Parungpanjang selesai pada tahun 2012, tata letak Stasiun Cicayur juga mengalami perubahan signifikan. Penambahan dua peron sisi yang tinggi serta satu jalur baru sebagai sepur lurus ke arah Rangkasbitung menjadikan stasiun ini lebih mampu menampung volume penumpang yang semakin meningkat setiap harinya. Dengan peningkatan ini, stasiun Cicayur kini dapat melayani penumpang dengan lebih baik dan efisien.

Layanan Kereta Api di Stasiun Cicayur

Stasiun Cicayur saat ini melayani rute KRL Commuter Line dengan relasi perjalanan sebagai berikut:

Commuter Line Rangkasbitung

  • Relasi Perjalanan: Tanah Abang – Rangkasbitung
  • Keterangan: Layanan ini memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan dari Tanah Abang hingga Rangkasbitung dengan mudah dan nyaman.

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan KRL di Stasiun Cicayur Paling Pagi dan Malam Di 2024

Berikut adalah contoh jadwal keberangkatan dan kedatangan KRL di Stasiun Cicayur:

Jadwal Keberangkatan dari Cicayur ke Tanah Abang

  • Keberangkatan pertama: pukul 04:02 pagi
  • Keberangkatan terakhir: pukul 23:01 malam
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Semarang Tawang Terbaru

Jadwal Kedatangan dari Tanah Abang ke Cicayur

  • Kedatangan pertama: pukul 06:00 pagi
  • Kedatangan terakhir: pukul 23:00 malam

Fasilitas di Stasiun Cicayur

Sebagai stasiun kelas III/kecil, Stasiun Cicayur dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar untuk kenyamanan penumpang. Fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Ruang Tunggu: Ruang tunggu yang nyaman dan cukup luas untuk menampung penumpang yang menunggu keberangkatan kereta.
  • Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat dengan baik.
  • Loket Tiket: Loket tiket yang melayani pembelian tiket perjalanan KRL secara manual.
  • Mesin Tiket Otomatis: Mesin tiket otomatis yang memudahkan penumpang dalam membeli tiket perjalanan.
  • Mushola: Tempat ibadah bagi penumpang yang ingin menunaikan sholat.
  • Parkir: Area parkir yang memadai untuk kendaraan pribadi penumpang.
  • Kios Makanan dan Minuman: Kios yang menjual makanan dan minuman ringan untuk penumpang yang membutuhkan.

Antarmoda Transportasi Pendukung

Stasiun Cicayur juga terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum lainnya yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Tangerang dan Jakarta. Beberapa moda transportasi pendukung yang tersedia di stasiun ini antara lain:

  • Angkutan Kota (Angkot): Angkutan kota yang menghubungkan Stasiun Cicayur dengan berbagai wilayah di Tangerang dan sekitarnya.
  • Bus: Layanan bus yang menghubungkan stasiun dengan terminal bus terdekat, memberikan akses transportasi yang lebih luas bagi penumpang.

Rencana Pengembangan Stasiun Cicayur

Ke arah barat daya dari stasiun ini, sebelum Stasiun Parung Panjang, direncanakan akan dibangun stasiun baru, yaitu Stasiun Jatake yang terletak di Jatake, Pagedangan, Tangerang. Pembangunan stasiun baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi para penumpang KRL Commuter Line di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

Kesimpulan

Stasiun Cicayur adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Tangerang. Meskipun berstatus sebagai stasiun kelas III/kecil, stasiun ini menyediakan layanan yang nyaman dan efisien bagi penumpang yang bepergian menuju dan dari Jakarta. Dengan bangunan yang modern dan fasilitas yang memadai, Stasiun Cicayur terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan transportasi penumpang sehari-hari. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Tangerang dan Jakarta. Memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta secara rutin akan membantu penumpang merencanakan perjalanan dengan lebih baik.