Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Palur

Stasiun Palur (PL) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang berlokasi di Dagen, Jaten, Karanganyar. Stasiun ini berada pada ketinggian 93 meter di atas permukaan laut dan secara khusus melayani perjalanan KRL Commuter Line. Terletak sekitar 100 meter ke arah timur laut dari Jalan Raya Karanganyar, stasiun ini juga dekat dengan jalan raya nasional yang menghubungkan Solo dan Surabaya, membuatnya mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar.

Pada periode 2021 hingga 2022, jalur kereta api Solo Balapan–Palur dielektrifikasi, sehingga menjadikan Stasiun Palur sebagai titik terminus bagi KRL Commuter Line. Pada 17 Agustus 2022, stasiun ini bersama dengan Stasiun Solo Jebres menjalani uji coba publik KRL Commuter Line Lin Yogyakarta sebagai bagian dari rencana perpanjangan Lin Yogyakarta.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Palur Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Palur

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Jogja Solo ( Yogyakarta ) Hari Ini Terbaru!

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Palur

Bangunan dan tata letak Stasiun Palur

Stasiun Palur telah mengalami beberapa perubahan signifikan sejak awal pembangunannya. Bangunan lama Stasiun Palur yang merupakan peninggalan Staatsspoorwegen telah dirobohkan untuk pembangunan jalur ganda lintas selatan pada tahun 2016. Pada awalnya, stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Namun, dengan pengoperasian jalur ganda menuju Stasiun Kedungbanteng pada 5 Maret 2019 dan menuju Stasiun Solo Jebres pada 20 Agustus 2019, jumlah jalur bertambah menjadi empat. Jalur 2 yang baru dijadikan sepur lurus arah Madiun, sementara jalur 3 yang baru dijadikan sepur lurus arah Solo.

Perubahan tata letak jalur di stasiun ini termasuk penyesuaian jalur 1 yang lama menjadi jalur 2 yang baru, jalur 2 yang lama menjadi jalur 3 yang baru, dan jalur 3 yang lama menjadi jalur 4 dengan percabangan dari sisi barat sebagai sepur badug baru. Sistem persinyalan di stasiun ini juga diubah dari sistem mekanik menjadi sistem persinyalan elektrik untuk mendukung operasional jalur ganda.

Bangunan baru stasiun yang lebih besar menggantikan bangunan lama dan posisinya sedikit bergeser ke arah tenggara dari posisi bangunan sebelumnya. Selain itu, semua peron di stasiun ini telah dilengkapi dengan kanopi untuk melindungi penumpang dari panas matahari dan hujan. Di belakang stasiun, terdapat jalur rel menuju gudang pupuk yang kini telah tidak digunakan lagi, hanya menyisakan sepasang rel di dekat gudang tersebut.

Layanan Kereta Api di Stasiun Palur

Stasiun Palur berperan penting dalam melayani rute KRL Commuter Line, khususnya untuk perjalanan dari dan menuju Yogyakarta. Berikut ini adalah layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini sesuai Gapeka 2023:

Commuter Line Yogyakarta

  • Relasi perjalanan: Palur – Yogyakarta
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Pasar Minggu

Untuk tarif kereta KRL Commuter Line di Stasiun Palur, berikut adalah perkiraan harga tiket:

Rute
Kelas
Harga
Palur – Yogyakarta
Ekonomi
Rp 8.000
Palur – Solo Balapan
Ekonomi
Rp 5.000

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung

Untuk memudahkan akses penumpang ke dan dari Stasiun Palur, tersedia berbagai moda transportasi pendukung, antara lain:

Batik Solo Trans

  • K1S: Bandara Adisoemarmo – Palur (di Terminal Palur)
  • K2S: Kerten – Palur
  • K4S: Kartasura – Tirtonadi – Palur
  • K10FS: Pasar Klewer – Palur

FAQ (Frequently Asked Questions)

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Palur Paling Pagi Jam Berapa?

Kereta KRL Commuterline pertama yang berangkat dari Stasiun Palur biasanya beroperasi pada pukul 04.55 WIB, memberikan akses awal bagi penumpang yang memiliki aktivitas di pagi hari.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Palur Paling Malam Jam Berapa?

Kereta KRL Commuterline terakhir yang berangkat dari Stasiun Palur biasanya beroperasi sekitar pukul 20.53 WIB, memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan di malam hari.

Stasiun Apa yang Paling Dekat dengan Stasiun Palur?

Stasiun terdekat dengan Stasiun Palur adalah:

  • Mitra Palur yang berjarak sekitar 798 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 11 menit.

Jalur Bis Mana yang Berhenti Dekat Stasiun Palur?

Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Palur antara lain: K1, K2, dan K4.

Di Mana Perhentian Bis Terdekat ke Stasiun Palur di Surakarta?

Perhentian bis terdekat ke Stasiun Palur di Surakarta adalah Mitra Palur yang berjarak sekitar 11 menit berjalan kaki.

Pukul Berapa Bis Pertama ke Stasiun Palur di Surakarta?

Bis pertama yang menuju Stasiun Palur di Surakarta adalah jalur K4 yang berhenti di dekat stasiun pada pukul 04.31 WIB.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Delanggu

Pukul Berapa Bis Terakhir ke Stasiun Palur di Surakarta?

Bis terakhir yang menuju Stasiun Palur di Surakarta adalah jalur K4 yang berhenti di dekat stasiun pada pukul 21.02 WIB.

Kesimpulan

Stasiun Palur memainkan peran penting dalam sistem transportasi kereta api di wilayah Karanganyar dan sekitarnya. Dengan fasilitas yang terus diperbarui dan layanan yang semakin lengkap, stasiun ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang yang melakukan perjalanan dengan kereta api. Integrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti Batik Solo Trans, juga menambah kemudahan akses ke berbagai tujuan di dalam dan sekitar Surakarta. Dengan adanya proyek perpanjangan rute KRL Yogyakarta–Solo ke arah timur, diharapkan Stasiun Palur dapat terus meningkatkan layanan dan menjadi titik sentral dalam jaringan transportasi di wilayah ini.