Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Solo Jebres

Stasiun Solo Jebres (SK), yang juga dikenal sebagai Stasiun Jebres, merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe C yang berlokasi di Purwodiningratan, Jebres, Surakarta. Stasiun ini berada pada ketinggian 97 meter dan dikelola oleh Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta serta KAI Commuter. Dengan jarak 110 km sebelah tenggara dari Semarang Tawang, Stasiun Solo Jebres adalah stasiun ujung bagi jalur percabangan Semarang–Surakarta dari lintas utara Jawa. Stasiun ini melayani kereta api antarkota dan kereta komuter Commuter Line Yogyakarta.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Solo Jebres Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Solo Jebres

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Tanah Abang Maja Hari Ini Terbaru

Sejarah Stasiun Solo Jebres

Berbeda dengan stasiun lain yang terletak di jalur milik Staatsspoorwegen (SS), Stasiun Solo Jebres dibangun di bekas jalur milik Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Jalur kereta api Samarang–Vorstenlanden yang berakhir di tepi Bengawan Solo pernah tercatat dalam peta tahun 1869. Pembangunan jalur ini melintasi wilayah Kasunanan Surakarta.

Pada tahun 1882–1884, SS mengembangkan jalur ini dari arah Surabaya menuju Madiun hingga berakhir di Solo Balapan. Pada 24 Mei 1884, jalur bekas NIS ini digantikan dengan jalur baru oleh SS, dan Stasiun Solo Jebres resmi dibuka.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Solo Jebres

Bangunan dan tata letak Stasiun Solo Jebres

Awalnya, Stasiun Solo Jebres memiliki tujuh jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Setelah jalur ganda menuju Stasiun Palur dioperasikan pada 20 Agustus 2019 dan kemudian menuju Solo Balapan pada 7 Oktober 2020, jalur 2 hanya dijadikan sepur lurus arah Madiun, sedangkan jalur 3 menjadi sepur lurus arah Solo Balapan–Yogyakarta maupun Semarang.

Pembangunan jalur ganda juga melibatkan penambahan kanopi serta perpanjangan dan peninggian peron antara jalur 1 dan 2. Sistem persinyalan di stasiun ini telah diganti dengan sistem persinyalan elektrik.

Di sisi utara stasiun terdapat terminal peti kemas yang kini sudah tidak aktif. Layanan bongkar muat peti kemas sebelumnya dilayani di jalur 6 dan 7. KAI sempat mewacanakan pengaktifan kembali terminal ini, tetapi tidak pernah terealisasi. Pada 2021, terminal peti kemas dialihfungsikan menjadi depo KRL Commuter Line dan gardu listrik saat perpanjangan relasi KRL ke arah Palur.

Layanan KRL Yogyakarta–Solo resmi diperpanjang ke arah timur hingga Stasiun Palur pada 17 Agustus 2022. Dampaknya, tata letak jalur di stasiun ini sedikit diubah dan jumlah jalur bertambah menjadi delapan. Jalur 5 kini dilengkapi dengan sinyal keluar di kedua ujungnya, sedangkan jalur 7 dan 8 dijadikan jalur akses menuju depo KRL tersebut. Selain itu, peron pulau lama yang rendah antara jalur 2 dan 3 dibongkar, dan digantikan dengan peron pulau tinggi berkanopi di antara jalur 3 dan 4.

Bangunan stasiun yang masih asli kini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surakarta berdasarkan SK Wali Kota Surakarta No. 646/1-2/1/2013 dan SK Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM. 57/PW.007/MKP/2010.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Tegal Hari Ini Terbaru

Arsitektur Stasiun Solo Jebres

Bangunan Stasiun Solo Jebres memiliki keunikan yang tidak ditemukan di stasiun lain milik SS. Tampilan depan stasiun dahulu ditujukan kepada pihak Keraton Kasunanan Surakarta. Stasiun ini memiliki gaya Indische Empire, serupa dengan stasiun SS lainnya yang dibangun pada tahun 1880–90-an, tetapi tampak depan bangunan utama kaya akan detail dari gaya Neoklasik. Elemen art nouveau terlihat pada jalusi, ornamen, dan terali di ventilasi yang berbentuk setengah lingkaran pada pintu keberangkatan. Cornice pada pintu-pintu lain selain pintu keberangkatan menambah kesan megah pada bangunan.

Bangunan stasiun yang simetris ini memiliki pola ruang yang disusun secara linier dari timur ke barat. Pintu masuk stasiun berada tepat di tengah bangunan, menghadap Jalan Ledoksari dengan atap yang lebih tinggi dari sayap kiri dan kanan bangunan. Ruangan di dalam stasiun masing-masing berbentuk persegi panjang yang disusun secara linier, memperkuat karakter horizontal dari stasiun ini.

Layanan Kereta Api di Stasiun Solo Jebres

Stasiun Solo Jebres kini melayani berbagai layanan kereta api antarkota dan komuter, berikut adalah layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini sesuai Gapeka 2023:

Antarkota – Lintas Utara Jawa

Eksekutif

  • Brawijaya: Gambir – Malang (via Semarang Tawang–Solo Jebres)

Campuran

  • Brantas: Pasar Senen – Blitar (via Semarang Tawang–Solo Jebres)

Ekonomi

  • Majapahit: Pasar Senen – Malang (via Semarang Tawang–Solo Jebres)
  • Matarmaja: Pasar Senen – Malang (via Semarang Tawang–Solo Jebres)

Komuter (Commuter Line)

  • Commuter Line Yogyakarta: Yogyakarta – Palur

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung

Stasiun Solo Jebres terintegrasi dengan berbagai moda transportasi pendukung, seperti Batik Solo Trans dan Trans Jateng. Berikut rute yang dapat digunakan:

Batik Solo Trans

  • K1S: Bandara Adisumarmo–Palur (turun di Halte Jebres di Jalan Urip Soemohardjo dan berjalan kaki menuju stasiun)
  • K3S: Kartasura–Thiongting

Trans Jateng

  • 7 (S2): Terminal Tirtonadi–Terminal Wonogiri Kota Tipe C

FAQ (Frequently Asked Questions)

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Solo Jebres Paling Pagi Jam Berapa?

Kereta KRL Commuterline pertama yang berangkat dari Stasiun Solo Jebres biasanya beroperasi pada pukul 05.01 WIB, memberikan akses awal bagi penumpang yang memiliki aktivitas di pagi hari.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Solo Jebres Paling Malam Jam Berapa?

Kereta KRL Commuterline terakhir yang berangkat dari Stasiun Solo Jebres biasanya beroperasi sekitar pukul 23.57 WIB, memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan di malam hari.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Pondok Jati

Halte Apa yang Paling Dekat dengan Stasiun Solo Jebres?

Halte terdekat dengan Stasiun Solo Jebres adalah:

  • Jebres 2 yang berjarak sekitar 81 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 2 menit.
  • Panggung Timur yang berjarak sekitar 438 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 6 menit.
  • Panggung Selatan yang berjarak sekitar 462 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 7 menit.
  • Dr Loo yang berjarak sekitar 718 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 10 menit.
  • Solo Balapan yang berjarak sekitar 3979 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 51 menit.
  • Solo Kota yang berjarak sekitar 4085 meter dari stasiun, dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 53 menit.

Jalur Bis Mana yang Berhenti Dekat Stasiun Solo Jebres?

Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Solo Jebres antara lain: K1, K3, dan K4.

Di Mana Perhentian Bis Terdekat ke Stasiun Solo Jebres di Surakarta?

Perhentian bis terdekat ke Stasiun Solo Jebres di Surakarta adalah Jebres 2 yang berjarak sekitar 2 menit berjalan kaki dari stasiun.

Pukul Berapa Kereta Pertama ke Stasiun Solo Jebres di Surakarta?

Kereta pertama yang menuju Stasiun Solo Jebres di Surakarta adalah KRL, berhenti di dekat sini pada pukul 05.05 WIB.

Pukul Berapa Kereta Terakhir ke Stasiun Solo Jebres di Surakarta?

Kereta terakhir yang menuju Stasiun Solo Jebres di Surakarta adalah KRL, berhenti di dekat sini pada pukul 19.52 WIB.

Pukul Berapa Bis Pertama ke Stasiun Solo Jebres di Surakarta?

Bis pertama yang menuju Stasiun Solo Jebres di Surakarta adalah K3, berhenti di dekat sini pada pukul 04.35 WIB.

Pukul Berapa Bis Terakhir ke Stasiun Solo Jebres di Surakarta?

Bis terakhir yang menuju Stasiun Solo Jebres di Surakarta adalah K1, berhenti di dekat sini pada pukul 21.40 WIB.

Kesimpulan

Stasiun Solo Jebres memainkan peran penting dalam jaringan transportasi kereta api di Surakarta dan sekitarnya. Dengan fasilitas yang terus diperbarui, stasiun ini mampu melayani penumpang dengan baik, baik untuk perjalanan antarkota maupun komuter. Integrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti Batik Solo Trans dan Trans Jateng, menambah kemudahan akses bagi penumpang untuk mencapai berbagai tujuan. Keberadaan bangunan stasiun sebagai cagar budaya juga menambah nilai historis dan arsitektural yang menjadikan Stasiun Solo Jebres sebagai salah satu ikon penting di Surakarta. Dengan adanya perpanjangan rute KRL Yogyakarta–Solo hingga Stasiun Palur, diharapkan stasiun ini terus meningkatkan kualitas layanannya dan menjadi pusat transportasi yang andal bagi masyarakat.