Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikoya

Stasiun Cikoya (CKY) adalah stasiun kereta api kecil yang terletak di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Terletak pada ketinggian 53 meter, stasiun ini hanya melayani rute KRL Commuter Line. Meskipun diberi nama Cikoya, stasiun ini sebenarnya tidak terletak di Desa Cikuya, melainkan agak ke selatan dari desa tersebut. Dengan dua jalur kereta api, stasiun ini merupakan stasiun paling barat daya di Kabupaten Tangerang.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikoya Hari Ini Di June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikoya

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tenjo

Sejarah dan Perkembangan Stasiun Cikoya

Stasiun Cikoya memiliki sejarah yang panjang. Awalnya, stasiun ini hanya berupa halte kecil yang melayani kereta api lokal dan memiliki satu jalur kereta api. Halte kecil tersebut sangat sederhana, hanya berukuran 4,2 × 5,4 meter dengan loket seluas 2,1 × 2,1 meter. Namun, demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang, bangunan halte tersebut digantikan dengan bangunan baru yang lebih modern. Halte lama kemudian dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa pada tahun 2014 dan menjadi bagian dari koleksi museum tersebut.

Pada Mei 2012, jalur ganda mulai beroperasi dan perpanjangan jaringan jalur KRL dilakukan. Dengan adanya jalur ganda ini, tata letak stasiun diubah. Stasiun ini sekarang memiliki dua jalur kereta api, dengan jalur 1 dijadikan sepur lurus arah Rangkasbitung dan jalur 2 dijadikan sepur lurus arah Tanah Abang. Perubahan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas stasiun, tetapi juga meningkatkan kelancaran operasional KRL Commuter Line.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Cikoya

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Cikoya

Bangunan baru Stasiun Cikoya dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang KRL Commuter Line. Bangunan baru ini menggantikan halte kecil yang dulu hanya melayani kereta api lokal. Perubahan ini juga dilakukan di Stasiun Cicayur, demi alasan yang sama. Dengan bangunan baru yang lebih besar dan modern, stasiun ini sekarang dapat melayani lebih banyak penumpang dengan lebih baik.

Stasiun ini memiliki dua jalur kereta api. Jalur 1 digunakan sebagai sepur lurus arah Rangkasbitung, sementara jalur 2 digunakan sebagai sepur lurus arah Tanah Abang. Tata letak ini memungkinkan pengoperasian KRL Commuter Line yang lebih efisien dan efektif. Selain itu, perubahan ini juga mempersiapkan stasiun untuk penambahan layanan KRL di masa depan.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Universitas Indonesia

Layanan Kereta Api di Stasiun Cikoya

Stasiun Cikoya melayani satu layanan KRL Commuter Line, yaitu rute Tanah Abang–Rangkasbitung. Rute ini adalah salah satu rute penting yang menghubungkan wilayah Tangerang dengan Jakarta. Dengan rute ini, penumpang dari daerah pinggiran dapat dengan mudah mencapai pusat kota Jakarta, serta daerah-daerah lain di sepanjang rute tersebut. Berikut adalah rincian layanan KRL Commuter Line di Stasiun Cikoya:

  • Commuter Line Rangkasbitung: Relasi perjalanan dari Tanah Abang ke Rangkasbitung.

Layanan ini sangat penting bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan akses cepat dan nyaman ke pusat kota. Dengan layanan KRL Commuter Line, penumpang dapat menikmati perjalanan yang nyaman dan efisien tanpa harus khawatir tentang kemacetan lalu lintas.

Informasi Tambahan dan Antarmoda Pendukung

Stasiun Cikoya memiliki akses yang cukup baik untuk penumpang yang menggunakan transportasi umum lainnya. Meskipun letaknya agak jauh dari pusat desa, penumpang biasanya menggunakan kendaraan pribadi atau ojek untuk mencapai stasiun ini. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun letaknya sedikit terpencil, stasiun ini tetap menjadi pilihan utama bagi penumpang di wilayah sekitar yang ingin bepergian ke Jakarta atau Rangkasbitung.

Stasiun Cikoya juga terhubung dengan berbagai moda transportasi lainnya, seperti angkutan umum dan ojek, yang memudahkan penumpang untuk mencapai stasiun dari berbagai lokasi. Selain itu, dengan adanya jalur ganda, stasiun ini dapat melayani lebih banyak penumpang dengan lebih efisien.

Kesimpulan

Stasiun Cikoya adalah stasiun kereta api kecil yang penting di Kabupaten Tangerang. Meskipun ukurannya kecil, stasiun ini memiliki peran besar dalam menyediakan akses transportasi yang nyaman dan efisien bagi masyarakat sekitar. Dengan bangunan baru yang modern dan layanan KRL Commuter Line yang handal, Stasiun Cikoya terus berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas penumpang di wilayah tersebut. Akses yang baik ke berbagai moda transportasi lainnya juga membuat stasiun ini menjadi pilihan utama bagi banyak penumpang.