Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tigaraksa

Stasiun Tigaraksa, dengan kode TGS, adalah salah satu stasiun kereta api kelas besar tipe C yang berada di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Stasiun ini terletak pada ketinggian 50 meter di atas permukaan laut dan hanya melayani perjalanan KRL Commuter Line dengan rute lin Rangkasbitung. Meskipun stasiun ini diberi nama Tigaraksa, letaknya bukan berada di Kecamatan Tigaraksa tetapi di sebelah barat daya dari kecamatan tersebut. Stasiun ini menjadi salah satu pusat transportasi penting di kawasan tersebut karena melayani ribuan penumpang setiap harinya yang melakukan perjalanan dari dan menuju berbagai lokasi.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tigaraksa Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tigaraksa

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Kiaracondong Terbaru

Sejarah dan Perkembangan Stasiun

Stasiun Tigaraksa awalnya berfungsi sebagai stasiun pemberhentian untuk kereta api jarak jauh dan lokal seperti Krakatau, Kalimaya, Banten Ekspres, dan Rangkas Jaya. Namun, sejak 1 April 2017, semua layanan kereta api jarak jauh dan lokal dihentikan dan digantikan oleh layanan KRL Commuter Line. Kereta api Krakatau juga mengalami perubahan nama menjadi KA Singasari dengan rute Pasar Senen-Blitar. Perubahan ini dilakukan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang KRL dan meningkatkan efisiensi perjalanan kereta api.

Pada tanggal 1 Februari 2021, setelah menjalani uji coba sejak 20 Januari 2021, Stasiun Tigaraksa ditetapkan sebagai titik awal pemberangkatan KRL Commuter Line yang melayani rute Tanah Abang-Tigaraksa. Perubahan ini menandai peningkatan penting dalam layanan KRL yang memudahkan mobilitas penumpang di wilayah tersebut.

Tata Letak Bangunan Stasiun

Tata letak Bangunan Stasiun Tigaraksa
Tata letak Bangunan Stasiun Tigaraksa

Awalnya, Stasiun Tigaraksa hanya memiliki satu jalur kereta api dan berstatus sebagai stasiun kecil. Namun, seiring dengan pengoperasian jalur ganda dan perluasan jaringan KRL pada Mei 2012, jumlah jalur di stasiun ini ditingkatkan menjadi empat. Jalur 2 dan 3 kini berfungsi sebagai sepur lurus, menjadikan Stasiun Tigaraksa sebagai stasiun besar. Peningkatan ini dilakukan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang dan memperlancar aliran perjalanan kereta api.

Layanan Kereta Api di Stasiun Tigaraksa

Stasiun Tigaraksa saat ini melayani rute KRL Commuter Line sebagai berikut:

Commuter Line Rangkasbitung

  • Relasi: Tanah Abang – Rangkasbitung

Layanan KRL Commuter Line ini menjadi pilihan utama bagi penumpang yang melakukan perjalanan dari dan menuju Tigaraksa, terutama untuk perjalanan sehari-hari ke ibu kota dan sekitarnya. Dengan frekuensi keberangkatan yang cukup tinggi, KRL Commuter Line di Stasiun Tigaraksa memastikan penumpang dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan efisien.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Kampung Bandan

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung di Stasiun Tigaraksa

Selain layanan KRL, Stasiun Tigaraksa juga didukung oleh layanan angkutan umum lainnya yang memudahkan penumpang dalam melanjutkan perjalanan mereka. Berikut adalah layanan angkutan umum yang tersedia:

  • Bus E06 Balaraja – TM. Adiyasa: Melayani rute dari Balaraja ke Terminal Adiyasa dengan perhentian dekat Stasiun Tigaraksa.

Integrasi antarmoda ini sangat penting untuk memastikan penumpang dapat dengan mudah berpindah dari satu moda transportasi ke moda lainnya tanpa hambatan. Hal ini juga membantu mengurangi kemacetan di jalan raya dengan memberikan alternatif transportasi yang lebih efisien.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Stasiun apa yang paling dekat dengan Stasiun Tigaraksa?

  • Stasiun terdekat dengan Stasiun Tigaraksa adalah:
    • Tigaraksa, berjarak sekitar 30 meter dan dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 1 menit.

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Tigaraksa?

  • Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Tigaraksa adalah E06 Balaraja – TM. Adiyasa.

Di mana perhentian bis terdekat ke Stasiun Tigaraksa di Tangerang?

  • Perhentian bis terdekat ke Stasiun Tigaraksa di Tangerang adalah Jalan Kiblat, yang berjarak sekitar 5 menit berjalan kaki.

Pukul berapa Kereta pertama ke Stasiun Tigaraksa di Tangerang?

  • Kereta pertama yang menuju Stasiun Tigaraksa di Tangerang pada jalur Rangkasbitung Line berhenti di sini pada pukul 04.19.

Pukul berapa Kereta terakhir ke Stasiun Tigaraksa di Tangerang?

  • Kereta terakhir yang menuju Stasiun Tigaraksa di Tangerang pada jalur Rangkasbitung Line berhenti di sini pada pukul 00.50.

Pukul berapa Bis pertama ke Stasiun Tigaraksa di Tangerang?

  • Bis pertama yang menuju Stasiun Tigaraksa di Tangerang adalah jalur E06 Balaraja – TM. Adiyasa, yang berhenti di sini pada pukul 05.00.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Buaran

Pukul berapa Bis terakhir ke Stasiun Tigaraksa di Tangerang?

  • Bis terakhir yang menuju Stasiun Tigaraksa di Tangerang adalah jalur E06 Balaraja – TM. Adiyasa, yang berhenti di sini pada pukul 22.21.

Berapa tarif Bis ke Stasiun Tigaraksa?

  • Tarif Bis ke Stasiun Tigaraksa berkisar antara Rp3.500 hingga Rp50.000.

Berapa tarif Kereta ke Stasiun Tigaraksa?

  • Tarif Kereta ke Stasiun Tigaraksa berkisar antara Rp3.000 hingga Rp8.000.

Kesimpulan

Stasiun Tigaraksa adalah salah satu stasiun penting di Kabupaten Tangerang yang melayani rute KRL Commuter Line lin Rangkasbitung. Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai, stasiun ini melayani ribuan penumpang setiap harinya. Peningkatan fasilitas dan layanan yang terus dilakukan menjadikan Stasiun Tigaraksa sebagai pusat transportasi yang handal dan nyaman bagi penumpang. Integrasi dengan moda transportasi lain seperti bus memastikan penumpang dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan efisien. Ke depan, diharapkan Stasiun Tigaraksa akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat yang semakin meningkat.