Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Daru

Stasiun Daru adalah sebuah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang. Berlokasi sekitar 44 kilometer di sebelah barat Tanah Abang, stasiun ini berdiri pada ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. Stasiun Daru merupakan bagian dari jaringan KRL Commuter Line yang melayani ribuan penumpang setiap harinya. Awalnya, Stasiun Daru hanya memiliki satu jalur dan berfungsi sebagai halte kecil. Namun, dengan meningkatnya kebutuhan transportasi di wilayah Tangerang dan sekitarnya, serta program pemerintah yang berfokus pada peningkatan layanan transportasi umum, stasiun ini mengalami berbagai pengembangan signifikan.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Daru Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Daru

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Bogor Jakarta Hari Ini Terbaru

Pengembangan Infrastruktur dan Fasilitas

Pada Mei 2012, dimulai proyek pembangunan jalur ganda dan perpanjangan jaringan KRL Commuter Line. Pembangunan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas jalur tetapi juga merombak total tata letak stasiun. Bangunan stasiun yang semula kecil digantikan dengan bangunan baru yang lebih modern, lengkap dengan dua peron sisi yang memudahkan penumpang dalam naik dan turun kereta.

Selain itu, jalur 2 dibangun sebagai sepur lurus baru menuju Rangkasbitung, dan jalur 3 sebagai sepur badug. Peron yang lebih tinggi dan panjang dibuat untuk mengakomodasi rangkaian kereta dengan 12 gerbong. Sejak 17 April 2013, Stasiun Daru mulai melayani KRL Commuter Line AC dengan rute Tanah Abang-Rangkasbitung, memberikan kenyamanan lebih baik bagi para penumpang.

Tata Letak Bangunan dan Fasilitas Stasiun Daru

Tata letak Bangunan Stasiun Daru

Stasiun Daru kini memiliki tiga jalur kereta api:

  • Jalur 1 dan 2: Sepur lurus untuk perjalanan kereta api menuju Rangkasbitung.
  • Jalur 3: Sepur badug untuk persilangan dan penyusulan kereta.

Dua peron sisi yang ada di stasiun ini memungkinkan penumpang untuk naik dan turun dari kereta dengan aman dan nyaman. Bangunan stasiun yang baru dirancang dengan konsep modern dan minimalis, dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar seperti ruang tunggu, toilet, dan loket tiket.

Stasiun ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan penumpang sehari-hari. Penumpang dapat menikmati kemudahan akses menuju berbagai moda transportasi lain yang tersedia di sekitar stasiun, menjadikan perjalanan lebih efisien dan nyaman.

Layanan Kereta Api

Stasiun Daru melayani satu rute utama KRL Commuter Line, yaitu rute Tanah Abang–Rangkasbitung. Layanan ini sangat penting bagi penumpang yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya, serta bagi mereka yang bepergian ke arah barat menuju Rangkasbitung.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Berikut adalah rincian layanan kereta api yang tersedia di Stasiun Daru:

  • Commuter Line Rangkasbitung: Melayani relasi perjalanan dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung, dengan jadwal yang teratur dan frekuensi tinggi untuk memastikan kemudahan akses dan mobilitas penumpang.

Integrasi dan Antarmoda

Stasiun Daru terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum yang mendukung mobilitas penumpang ke berbagai tujuan di sekitar Tangerang dan Jabodetabek. Meskipun fasilitas transportasi antarmoda di stasiun ini belum sekompleks stasiun besar lainnya, pengembangan infrastruktur terus dilakukan untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas.

Berbagai angkutan umum seperti angkot dan ojek tersedia di sekitar stasiun untuk memudahkan penumpang melanjutkan perjalanan mereka. Pengembangan jalur jalan dan fasilitas penunjang lainnya juga terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan akses bagi para penumpang.

Pentingnya Stasiun Daru dalam Jaringan KRL

Stasiun Daru memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Tangerang. Dengan lokasi strategis dan fasilitas yang terus berkembang, stasiun ini menjadi salah satu titik transit utama bagi penumpang yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Stasiun ini juga berfungsi sebagai penghubung antara berbagai moda transportasi umum, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Selain itu, dengan adanya jalur ganda yang menghubungkan stasiun ini dengan berbagai stasiun lain di wilayah Jabodetabek, Stasiun Daru mampu mengurangi kepadatan penumpang dan meningkatkan efisiensi perjalanan. Hal ini sangat penting mengingat tingginya mobilitas penduduk di kawasan Jabodetabek yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kesimpulan

Stasiun Daru adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Tangerang. Dengan berbagai fasilitas modern dan layanan kereta api yang efisien, stasiun ini mampu melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jakarta Kota Hari Ini

Dengan peran pentingnya dalam mendukung mobilitas masyarakat di kawasan Jabodetabek, Stasiun Daru terus berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan penumpang saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan diri menghadapi peningkatan jumlah penumpang di masa depan. Stasiun Daru adalah contoh nyata dari upaya PT KAI dan KAI Commuter dalam meningkatkan kualitas transportasi publik di Indonesia.