Konfigurasi Tempat Duduk Kereta Api Pada Masa New Normal

KAI membatasi kapasitas penumpang 70% dari kapasitas maksimum berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Pembatasan ini merupakan komitmen KAI terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, untuk keamanan, kesehatan dan keselamatan pelanggan kereta api.

Selain itu protokol kesehatan lain seperti 3M: Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak juga diterapkan dengan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan.

Misalnya tempat cuci tangan di stasiun, marka/ tanda physical distancing, pemasangan tempat handsanitizer dititik-titik tertentu serta petugas yang selalu mengingatkan untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

Konfigurasi Tempat Duduk KA Masa New Normal - PSBB
Konfigurasi Tempat Duduk KA Masa New Normal – PSBB

Dengan pembatasan paling banyak 70% tersebut, memang memungkinkan ada pelanggan yang duduk bersebelahan. Namun, untuk menjaga keamanan pelanggan, selain mewajibkan pelanggan utk menggunakan masker, KAI jg memberikan fasilitas face shield secara gratis yang WAJIB digunakan pelanggan selama perjalanan.

Konfigurasi Tempat Duduk KA Masa New Normal

Yuk Railfriends sama-sama kita cegah penyebaran Covid-19!

Yuk Railfriends mari kita sama-sama cegah penyebaran Covid-19!
Yuk Railfriends mari kita sama-sama cegah penyebaran Covid-19!

Penjelasan Mengenai Konfigurasi Tempat Duduk Kereta Api Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

 

Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Untuk mencegah penyebaran COVID-10 PT.KAI melakukan pembatasan kapasitas penumpang 70% pada kereta api jarak jauh, dan Kereta api lokal.

BACA JUGA :  Bagikan #SudutPandangJakarta Versimu.⁣Begitu banyak sudut kota yang sering kit...

Dengan cara mengosongkan dan tidak menjual kursi yang dialokasikan untuk Physical Distancing. Kecuali KA Luxury tidak, karena sudah mendukung physical distancing.

Pada saat melakukan pemesanan kursi yang dialoakasikan untuk physical distancing akan nampak seperti kursi yang sudah terjual, namun dipastikan kursi tersebut tetap akan dikosongkan dan tidak dijual sepanjang perjalanan.

Selengkapnya tata letak kursi kereta api jarak jauh dan kereta api lokal pada masa sosial distancing sebagai berikut dibawah.

Peta Kursi KA Eksekutif – KA Bisnis

 

Peta kursi kereta api untuk KA Eksekutif dan KA Bisnis pada masa adaptasi kebiasaan baru.
Peta Kursi KA Ekonomi SS Dan New Image
Peta kursi kereta api untuk KA Ekonomi SS 80 kursi dan KA Ekonomi New Image 80 kursi pada masa adaptasi kebiasaan baru.
Peta Kursi KA Ekonomi 80 Kursi Dan KA Ekonomi Difabel 64 Kursi
Peta kursi kereta api untuk KA Ekonomi 80 kursi dan KA Ekonomi Difabel 64 kursi pada masa adaptasi kebiasaan baru.
Peta Kursi KA Ekonomi 10 Kursi
Peta kursi kereta api untuk KA Ekonomi 106 kursi pada masa adaptasi kebiasaan baru.

(Sumber)

Originally posted 2020-11-13 18:19:39.