Cara Mendapatkan Tarif Reduksi di Access by KAI: Panduan Lengkap

Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Tarif Reduksi di Access by KAI Di April 2024!

Apakah Anda pernah merasa bingung mencari kolom reduksi di aplikasi Access by KAI? Sejak revamp aplikasi KAI Access menjadi Access by KAI, ada beberapa perubahan dalam cara mendapatkan tarif reduksi. Namun, jangan khawatir, kami akan memberikan panduan lengkapnya!

Apa Itu Tarif Reduksi?

Sebelum kita masuk ke panduan langkah demi langkah tentang cara mendapatkan tarif reduksi di Access by KAI, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu tarif reduksi.

Tarif reduksi adalah besaran tarif angkutan kereta api yang telah mendapatkan potongan harga dengan nilai tertentu.

Potongan ini bisa diberikan berdasarkan kebijakan KAI atau melalui kerjasama antara perusahaan dengan suatu instansi, lembaga, atau organisasi.

Beberapa tipe penumpang yang memiliki hak atas tarif reduksi meliputi:

  1. Lansia: Penumpang lanjut usia, biasanya di atas usia 60 tahun, memiliki hak atas tarif reduksi sebagai bentuk penghargaan terhadap usia mereka.
  2. Penyandang Disabilitas: Penumpang yang memiliki disabilitas fisik atau kognitif juga berhak mendapatkan tarif reduksi. Ini bertujuan untuk memudahkan akses transportasi bagi mereka.
  3. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI): Para veteran yang pernah berjuang dalam perang kemerdekaan Indonesia berhak mendapatkan tarif reduksi sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa mereka.
  4. Wartawan: Wartawan yang memiliki kartu pers sah dapat menikmati tarif reduksi sebagai fasilitas untuk peliputan berita.
  5. TNI/Polri: Anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Polri (Kepolisian Republik Indonesia) juga berhak atas tarif reduksi sebagai bentuk apresiasi terhadap pengabdian mereka kepada negara.

Baca Juga: Harga Tiket Dan Cara Naik KRL Jogja-Solo

Cara Mendapatkan dan Mengakses Tarif Reduksi di Access by KAI

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah untuk mengakses tarif reduksi di Access by KAI.

  1. Unduh dan Instal Aplikasi Access by KAI: Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Access by KAI di perangkat seluler Anda. Aplikasi ini tersedia di App Store untuk pengguna iOS dan di Google Play Store untuk pengguna Android.
  2. Buka Aplikasi dan Login: Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi Access by KAI. Anda perlu login dengan akun yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Jika belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  3. Pilih Rute dan Tanggal Perjalanan: Setelah login, Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Di sini, pilih rute perjalanan Anda dan tanggal keberangkatan. Pastikan untuk memilih stasiun asal dan tujuan yang sesuai dengan rencana perjalanan Anda.
  4. Pilih Penumpang dengan Hak Reduksi: Setelah memilih rute dan tanggal, pilih jumlah penumpang yang memiliki hak reduksi. Misalnya, jika Anda adalah seorang lansia atau penyandang disabilitas, pastikan Anda memilih opsi yang sesuai dengan status Anda.
  5. Cari Tiket dan Pilih Jadwal: Klik tombol “Cari Tiket” untuk melihat jadwal kereta api yang tersedia. Pilih jadwal yang paling sesuai dengan rencana perjalanan Anda.
  6. Pilih Kelas dan Tempat Duduk: Setelah memilih jadwal, Anda akan diminta untuk memilih kelas dan tempat duduk. Pilih sesuai preferensi Anda.
  7. Verifikasi Identitas: Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas sebagai penumpang dengan hak reduksi. Biasanya, Anda perlu mengunggah foto KTP atau kartu identitas lain yang sah.
  8. Pilih Metode Pembayaran: Setelah verifikasi identitas selesai, Anda akan dibawa ke halaman pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, seperti kartu kredit/debit atau dompet digital.
  9. Setujui dan Bayar: Periksa kembali semua rincian perjalanan dan pembayaran. Pastikan semuanya sudah benar, lalu klik “Setujui dan Bayar” untuk menyelesaikan pembayaran.
  10. Dapatkan Tiket Digital: Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima tiket digital yang bisa Anda simpan di aplikasi Access by KAI. Tiket ini akan digunakan saat Anda masuk ke stasiun dan naik kereta api.
BACA JUGA :  Kebijakan operasional MRT Jakarta pada 11 - 12 September 2021 MRT Jakarta akan...

Cara Mendapatkan dan Mengakses Tarif Reduksi di Access by KAI

Catatan Penting:

  • Pastikan untuk membawa identitas yang sah saat perjalanan, seperti KTP atau kartu identitas lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  • Informasi lebih lanjut mengenai tarif reduksi dan syarat-syaratnya dapat ditemukan di situs web resmi KAI atau dengan menghubungi pusat informasi KAI.

Sekarang, Anda telah memahami cara mengakses tarif reduksi di Access by KAI. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika Anda adalah salah satu dari kategori penumpang yang memiliki hak reduksi. Selamat menikmati perjalanan kereta api Anda dengan tarif yang lebih terjangkau!