Mengenal Pegawai KAI : Petugas Sarana KAI

Setelah minggu lalu kita membahas Petugas Pemeriksa Jalur Kereta Api kali ini jadwalkeretaapi.com akan membahas tentang Petugas Sarana KAI nih Railfriends.

Pegawai di bidang sarana bertugas untuk melakukan segala perawatan dan pengecekan pada sarana kereta api, yakni kereta, gerbong, dan lokomotif. Merekalah yang memastikan kereta, gerbong, dan lokomotif siap untuk dioperasikan dengan aman dan nyaman.

Pengecekan dan perawatan ini ada yang dilakukan berkala di dipo dan balai yasa, ada juga yang dilakukan setiap hari di emplasemen stasiun sebelum kereta/gerbong/lokomotif beroperasi.

Mengenal Pegawai KAI : Petugas Sarana KAI

Jika kamu memperhatikan, beberapa saat sebelum kereta berangkat atau saat kereta api berhenti di stasiun pemberhentian, akan ada petugas yang mengecek bagian bawah kereta dan peralatan perangkai/sambungan kereta. Nah itu adalah salah satu tim Sarana KAI, Railfriends.

Pekerjaan yang sangat kompleks ini menuntut ketelitian dari petugasnya. Oleh karenanya petugas sarana harus memiliki Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan memiliki Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI.

Untuk petugas pemeriksa lokomotif, ia harus memiliki Sertifikat Pemeriksaan Lokomotif dari Balai Pelatihan Teknik Traksi KAI dan Smart Card (tanda kecakapan sebagai tenaga pemeriksa) dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

(Sumber)

Originally posted 2020-10-20 06:16:04.

BACA JUGA :  Jenis Masker Aman Dipakai Naik Kereta Api Pada Masa Pandemi