Mengenal PPJ, Sang Penjaga Keselamatan Perjalanan KA

Apakah kamu udah pernah melihat petugas di atas berjalan menyusuri rel? Petugas tersebut profesinya adalah sebagai Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) nih Railfriends. PPJ merupakan salah satu profesi yang memegang peranan vital demi terciptanya keselamatan perjalanan KA.

Seorang PPJ bertugas memeriksa kondisi jalur yang akan dilewati KA dan memastikannya aman meski terik mentari membakar atau hujan deras melanda. Hebat yah Railfriends, kuy lanjut.

Berkat kontribusi PPJ, pelanggan dapat menikmati perjalanan KA dengan selamat dan nyaman. Dalam melakukan tugasnya, PPJ berjalan kaki menyusuri rel atau menggunakan transportasi khusus sejauh 8-12 km dari satu titik ke titik lain yang sudah ditentukan.

PPJ sedang bekerja, ini adalah pegawai kereta api penjaga keselamatan perjalanan KA setiap hari dengan memastikan rel yang dilewati berkerja dengan baik.
PPJ sedang bekerja, ini adalah pegawai kereta api penjaga keselamatan perjalanan KA setiap hari dengan memastikan rel yang dilewati berkerja dengan baik.

Mereka memeriksa secara detail kondisi jalur kereta seperti kelaikan rel serta mengencangkan baut-baut rel. Petugas PPJ juga membawa bendera merah, kuning, dan lampu handsign sebagai isyarat pengaman perjalanan kereta api.

Selain dituntut disiplin dan teliti, seorang PPJ juga harus memiliki fisik dan mental yang prima. Rasa kantuk saat dinas malam hari hingga dini hari mesti bisa dikuasai.

Begitu pula saat dihadapkan dengan kondisi cuaca yang buruk, saat memeriksa terowongan yang gelap, dan jembatan yang sangat tinggi. PPJ tetap berkomitmen melakukan tugas sebaik-baiknya demi keselamatan pelanggan KAI.

Dengan risiko pekerjaan yang cukup tinggi, maka mewajibkan personel PPJ untuk benar-benar menjaga keselamatan dirinya saat bekerja. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan displin mengikuti SOP yang ditetapkan, seperti menggunakan APD lengkap dan menjaga keamanan diri saat bertugas.

Nah kira-kira seperti itulah Railfriends gambaran umum profesi seorang Petugas Pemeriksa Jalur. Minggu depan kita lanjut membahas petugas lainnya yah.

(sumber)

Originally posted 2020-09-15 14:14:09.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api Lokal Merak Terbaru