Info Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Batu Ceper

Stasiun Batu Ceper, yang dikenal juga sebagai Stasiun Batuceper atau Stasiun Poris Plawad, adalah stasiun kereta api kelas I yang berlokasi di Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Meskipun nama stasiunnya adalah Batu Ceper, letaknya sebenarnya berada di sebelah selatan Kecamatan Batu Ceper. Stasiun ini berada di ketinggian 11 meter di atas permukaan laut dan melayani perjalanan KAI Commuter (KRL Commuter Line dan KRL Bandara Soekarno-Hatta). Berada di seberang Terminal Poris Plawad, stasiun ini menjadi titik penting bagi penumpang yang hendak menuju atau datang dari Bandara Soekarno-Hatta.

Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Batu Ceper Hari Ini Di June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Batu Ceper

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon Kejaksaan Terbaru

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Batu Ceper

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Batu Ceper

Stasiun Batu Ceper memiliki dua bagian bangunan utama: sisi selatan dan sisi utara, yang keduanya dikelola oleh KAI Commuter. Awalnya, stasiun ini hanya memiliki satu bangunan di sisi selatan dengan dua jalur kereta api, yang keduanya merupakan sepur lurus untuk pemberhentian KRL Commuter Line. Namun, sejak pembangunan percabangan jalur menuju Bandara Soekarno-Hatta selesai, jalur di stasiun ini bertambah menjadi empat jalur. Jalur 1 dan 2 yang baru adalah sepur lurus dari dan menuju bandara, sementara jalur 3 dan 4 digunakan untuk KRL Commuter Line.

Bangunan sisi utara stasiun ini khusus melayani perjalanan KRL Bandara Soekarno-Hatta. Bangunan baru ini mulai beroperasi pada 26 Desember 2017, dan sejak 18 Juli 2019, kedua bangunan tersebut terhubung dengan jembatan layang untuk memudahkan akses penumpang.

Layanan Kereta Api di Stasiun Batu Ceper

Stasiun Batu Ceper melayani dua jenis layanan kereta api utama, yaitu Kereta Api Bandara dan KRL Commuter Line.

Kereta Api Bandara

Commuter Line Soekarno-Hatta

  • Relasi Perjalanan: Bandara Soekarno-Hatta – Manggarai
  • Keterangan: Layanan ini menghubungkan penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta langsung ke Manggarai dengan pemberhentian di beberapa stasiun lainnya sepanjang rute.

KRL Commuter Line

Commuter Line Tangerang

  • Relasi Perjalanan: Tangerang – Duri
  • Keterangan: Layanan ini menghubungkan penumpang dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Duri dengan beberapa pemberhentian di sepanjang jalur.

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung di Stasiun Batu Ceper

Untuk mendukung mobilitas penumpang, Stasiun Batu Ceper menyediakan berbagai pilihan angkutan umum yang menghubungkan stasiun dengan berbagai tujuan di sekitar Jakarta dan Tangerang. Berikut adalah beberapa jenis angkutan umum yang tersedia:

Transjakarta

  • T11: Terminal Poris Plawad – Halte BRT Petamburan
  • T12: Terminal Poris Plawad – Masjid Istiqlal
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Ngrombo Hari Ini Terbaru

Trans Tangerang Ayo

  • K1: Terminal Poris Plawad – Jatake
  • K2: Terminal Poris Plawad – Alun-alun Cibodas (via Imam Bonjol – Kavling Pemda)

Transjabodetabek Reguler

  • AC 34: Terminal Poris Plawad – Terminal Blok M

Transjabodetabek Premium

  • 601: Terminal Poris Plawad – Pekan Raya Jakarta (via Letjen S. Parman – Kyai Tapa – Hayam Wuruk – Pos)

Jadwal Kereta KRL Commuter Line di Stasiun Batu Ceper Paling Pagi dan Malam Di 2024

Stasiun Batu Ceper melayani berbagai jadwal keberangkatan untuk KRL Commuter Line dan KRL Bandara. Penumpang dapat memilih jadwal yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan mereka. Berikut adalah beberapa contoh jadwal keberangkatan dari Stasiun Batu Ceper:

Jadwal KRL Commuter Line Tangerang

  • Keberangkatan pertama dari Stasiun Batu Ceper menuju Stasiun Duri pada pukul 05:00 pagi.
  • Keberangkatan terakhir dari Stasiun Batu Ceper menuju Stasiun Duri pada pukul 22:00 malam.

Jadwal KRL Bandara Soekarno-Hatta

  • Keberangkatan pertama dari Stasiun Batu Ceper menuju Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 04:00 pagi.
  • Keberangkatan terakhir dari Stasiun Batu Ceper menuju Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 23:00 malam.

Fasilitas di Stasiun Batu Ceper

Stasiun Batu Ceper dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang, seperti ruang tunggu, toilet, dan mushola. Selain itu, terdapat juga kios-kios makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan penumpang selama menunggu kereta.

Kesimpulan

Stasiun Batu Ceper merupakan stasiun strategis yang melayani rute KRL Commuter Line dan KRL Bandara Soekarno-Hatta. Dengan fasilitas yang memadai dan berbagai pilihan angkutan umum, stasiun ini menjadi salah satu titik penting bagi penumpang yang bepergian menuju atau dari Bandara Soekarno-Hatta serta daerah sekitar Tangerang dan Jakarta. Informasi jadwal keberangkatan yang tersedia memudahkan penumpang dalam merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik.